Search This Blog

Saturday, April 23, 2011

Tetap mesra tinggal bersama di Pondok Mertua Indah


Perseteruan antara menantu perempuan dengan ibu mertua adalah hal yang jamak terjadi. Akhirnya muncul anekdot hubungan kucing dan tikus untuk melukiskan hubungan  ibu mertua dan menantu perempuannya. Tepatnya ketika mereka hidup serumah, yaitu menantu perempuan tinggal dirumah orangtua suaminya. Karena konon katanya hubungan menentu perempuan dengan ibu mertuanya senantiasa dibalut rasa cemburu.kecemburuan seorang ibu terhadap menantu perempuannya lebih besar.

Mungkin saja dikarenakan puluhan tahun seorang ibu telah menempuh pahit getir dan manis bersama anak lelakinya. Betulkah mitos itu???..Haruskah hubungan menantu dan mertua selalu buruk?.... tetapi nyatanya memang banyak terjadi dimasyarakat sekitar kita. Tinggal di’ Pondok Mertua Indah’ memang tidak semudah tinggal dirumah sendiri.. Tapi menurut pengalaman saya yang pernah tinggal satu rumah dengan mertua dan saya merasa enjoy saja tuch..

Sebenarnya tinggal dirumah mertua bisa diambil sisi positifnya juga. Agar tetap bahagia tinggal serumah dengan mertua, saya mencoba untuk mengetahui dan memahami sifat dan karakter beliau, memang agak susah-susah gampang menghadapinya, saya mencoba untuk tidak membuatnya tersinggung dan berusaha untuk bisa menerima nasehatnya,kalau ternyata nasehatnya itu benar dan pantas diterima ya mengapa tidak kalau memang itu untuk kebaikan bersama..

Maaf-maaf nich bukan maksud saya menggurui teman2 atau ibu - ibu yang tinggal di PMI (Pondok Mertua Indah), ini saya tuturkan berdasarkan pengalaman pribadi.. berbagai cara saya terapkan bukan untuk mencari muka lho. Anggaplah mereka orangtua sendiri. Berusaha menghadapinya dengan sopan santun dan lemah lembut dengan begitu hatinya akan senang..malah kadang sesekali kami belanja kebutuhan dapur.ternyata asyik juga,menambah pengetahuan kita tentang pasar dan macam2 harga agar tidak tertipu.

Kalau memang kita sudah mengeluarkan segala macam jurus,masa iya sich beliau tidak luluh juga…Toch mereka juga seorang ibu yang ingin dihormati dan dihargai. Kalau kita sudah akrab dengan mertua maka hubungan komunikasipun akan lebih lancar. Insya Allah merekapun akan menganggap kita seperti anaknya sendiri…Alhamdulillah hubungan saya dan mertua sampai sekarang baik2 saja walaupun sudah tidak serumah lagi,malah semakin mesra dan kangen pengen belanja bareng lagi……….

7 comments:

  1. salam sahabat
    semoga saya isa tetap merasa mesra jika memang tinggal di pondok mertua ckckckc terima kasih ya

    ReplyDelete
  2. ane pengen nikah juga brow klo begini jadinya xixixixi

    ReplyDelete
  3. achhhhhhhhhhhhhhh yang bener bos heheheheehe

    ReplyDelete
  4. aku malah sudah mengganggap mertua sebagai orang tua mas jadi hubungan kami baik-baik saja

    ReplyDelete
  5. menhhormati dan menghargai orang tua harus didahulukan, kita ini cuma anak.

    ReplyDelete
  6. ckckck jarang yang bisa..
    masalahnya mas, kakak sulung saya agak kurus setelah nikah dan tinggal di PMI,
    setelah 1 tahun ini rumah sendiri bisa gemuk lagi wkwkwk..
    ane masih di bawah umur.. kabuurr

    ReplyDelete
  7. ane simpen sebagai trik manjur.. tapi ngemeng-ngemeng ane kapan ya puya istri.. haiyah curhat..
    headernya bagus tuh mas, simple tapi tetep eye catching :)

    ReplyDelete