Search This Blog

Sunday, May 8, 2011

Mesin cuci Front Loading

Mesin cuci Front Loading biasanya disebut mesin cuci European type.
Dibandingkan dengan jenis Top Loading, efek cucinya lebih sempurna.

Pada mesin cuci Top Loading (apapun teknologinya) secara mendasar proses pencuciannya dapat diartikan sebagai 'Baju yang diaduk-aduk didalam air sabun'.

Pada mesin cuci front loading, air sabun hanya terisi setinggi kira-kira 1/3 drum, dimana saat drum berputar, cucian didalamnya akan saling menindih dengan yang lain, sehingga lebih me-replika gerakan tangan 'menggucek dengan air sabun'

Tapi satu hal, nothing is perfect. Mesin cuci tidak menjamin pakaian pasti bersih, sebab mesin cuci tidak punya mata. Bagian kerah, pergelangan tangan, siku atau yang lainnya yang umumnya lebih kotor, harus mendapat treatment khusus, misalnya disikat terlebih dahulu atau disemprotkan dengan cairan khusus pengurai lemak/kotoran.

Spesifikasi mesin cuci front loading selain kapasitas cuciannya, juga tercantum Spin Speed nya, artinya kecepatan putaran drum saat proses pemerasan.Mengacu pada kondisi iklim di Eropa, spesifikasi Spin Speed yang dinyatakan dalam satuan rpm (putaran/menit) sangat penting, sehingga semakin tinggi rpm nya akan semakin kering hasilnya dan untuk itu semakin mahal pula harga produknya.

Daya listrik mesin cuci jenis ini umumnya lebih kecil dibanding jenis top loading, yang harus memutar cuciannya berikut airnya. Pada jenis front loading, motornya hanya terbeban untuk memutar cuciannya saja.
Dengan kapasitas 7 - 8 kg, listriknya berkisar antara 250-300w (cold wash).

Suplai air dari keran untuk mesin cuci Front Loading harus deras, supaya sabun, pewangi/pelembut yang berada di kompartemen/laci sabun, dapat tersiram turun ke dalam drum dibawahnya. Detergen yang digunakan adalah khusus mesin cuci yang tidak terlalu banyak menghasilkan busa.
Dan saat mati lampu jadi masalah besar, cucian terkunci didalam, dan harus menunggu hingga listrik menyala kembali.

6 comments:

  1. kalo suaranya halus tidak ini gan
    biasanya yang otomat kasar banget

    ReplyDelete
  2. Salam Kenal dari http://dedi-news.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. mesin cuci wow itu mesin cuci barunya nyonya gan alhamdulillah dah punya mesin cuci baru hehehehehe

    ReplyDelete
  4. ckck.. kebetulan nih mas.. nitip cucian mas.. xixi

    ReplyDelete
  5. bajunya diputer-puter dalam mesin, apa gak pusing ya
    -ndeso tenan mode on- :D
    met liburan mas.. kabuurr

    ReplyDelete
  6. gampang gan masukin video ke boggler kan ente yang ajarin ane hehehehe

    ReplyDelete