Search This Blog

Saturday, May 7, 2011

Jaminan Kesehatan Gratis Untuk Rakyat

Jaminan kesehatan untuk rakyat harus benar benar gratis, Jaminan Sosial sudah sejak setahun lalu marak menjadi bahan perdebatan, dikalangan gerakan secara umum dapat dibagi menjadi dua pendapat besar antara yang mendukung untuk segera dilaksanakannya UU No. 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan kelompok yang menolak UU tersebut.

Kelompok pertama diwakili oleh Komite Aksi Jaminan Sosial (KAJS) yang merupakan aliansi dari serikat-serikat buruh, dengan motor utamanya adalah Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Kelompok kedua diwakili oleh Koalisi Jaminan Sosial Pro Rakyat (KJSPR) yang dimotori oleh Dewan Kesehatan Rakyat (DKR). Isu tentang Jaminan Sosial menjadi penting, karena selain telah melibatkan dua konsolidasi besar, adalah juga dikarenakan menyangkut konsepsi yang diajukan masing-masing, sehingga penting bagi kita untuk memberikan posisinya.

Menyerahkan persoalan Jaminan Sosial pada swasta juga bukan jalan keluar, lihatlah bagaimana contoh di AS (sebelum adanya reformasi anggaran (Health Reform Bill)), dimana Jaminan Sosialnya diserahkan kepada swasta, banyak pasien yang tidak diurus lantaran tidak memenuhi kriteria perawatan yang dilakukan oleh pihak asuransi karena berbagai hal. Ini dilakukan lantaran pihak asuransi harus mencari profit, karena jika semakin banyak klain maka perusahaan akan semakin rugi, sementara dana yang terkumpul terus diputar ke berbagai investasi, dan ketika krisis, dimana banyak perusahaan yang tutup, termasuk perusahaan asuransi maka tidak ada lagi yang menaggung Jaminan Sosial rakyat, apalagi setelah krisis semakin banyak rakyat yang menjadi miskin sehingga tidak mampu lagi membeli polis asuransi.

Ayo gabung di facebook.com/Komite Aksi Jaminan Sosial (KAJS)untuk berpartipasi dan mendukung pergerakan jaminan sosial.

6 comments:

  1. mantab bos klo beneran gratis jaminan keshatan buat rakyat yang ada sekarang klo ga ada uang jaminan di rumah sakit rakyat diusir xixixixixi

    ReplyDelete
  2. wah mantep informasinya.. thanks ya..

    ReplyDelete
  3. smoga jaminan kesehatan ini benar2 trjadi dan benar2 gratis habis sakit itu mahal lah wong brobat batuk aj ke dokter bs makan dana 200rb,..apa lg penyakit yg lain,..

    ReplyDelete
  4. dibebankan saja pada para koruptor yang dengan sukses telah merampok uang negara, itung-itung untuk mengurangi dosa-dosanya hh.....
    salam kenal & follow

    ReplyDelete
  5. semogs bener2 gratis n bisa membantu rakyat yang membutuhkannya. jangan sampai di salah gunakan.

    trims atas infonya, sukses selalu n TETAP SEMANGAT

    ReplyDelete
  6. terima kasih atas infonya..

    ReplyDelete